Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri bekerjasama  dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meninjau potret kinerja pelayanan Kepolisian terhadap kepuasan masyarakat di Mapolres Metro Tanggerang Kota, Rabu (3/3/2021).

Polisi sebagai suatu lembaga pemerintah berperan dalam memeberikan pelayanan publik di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan begitu Puslibang Polri mencoba mengetahui ekspektasi, persepsi dan pengalaman masyarakat terhadap pelayanan kinerja kepolisian di Polres Metro Tanggerang Kota.

“Kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri menjadi salah satu instrumen penting dalam mengukur kualitas layanan kepolisian, kita akan melihat ekspektasi, persepsi dan pengalaman mereka (masyarakat) terhadap polisi”, ungkap Kombes Pol Aziz Saputra Kepala Tim survei Puslitbang Polri di Polres Metro Tanggerang Kota.

Penelitian yang dilakukan Puslitbang Polri bersama LIPI mencakup 5 bidang operasional fungsi kepolisian, yaitu reserse, lantas, binmas, intelkam dan samapta. Berbeda dengan yang biasa dilakukan oleh lembaga survei ekternal lainnya. Pada umumnya survei dan penelitian yang dilakukan terfokus hanya pada 2 fungsi bidang kepolisian yaitu reskrim dan lantas.

Perlu diketahui kegiatan penelitian Puslitbang Polri bersama LIPI tidak hanya dilakukan di Polres Metro Tanggerang Kota, namun juga dilakukan di 34 Polda dengan melibatkan hingga 30 ribu responden (masyarakat).

Hasil penelitian yang dilakukan Puslibang Polri bersama LIPI nantinya akan menjadi rujukan bagi tiap tiap polres sebagai bahan evaluaisi terhadap kualitas pelayanan publik. (Muslim).