Dalam rangka menyambut pelaksanaan Pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti, Polres Metro Tangerang bersama tokoh ulama, masyarakat dan pemuda di Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang menggelar deklarasi Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Deklarasi yang dilaksanakan di pelataran Polsek Batu Ceper, Kota Tangerang, Jumat (19/10) malam merupakan deklarasi pertama di Kota Tangerang. ” Ini merupakan deklarasi Kamtibmas yang pertama di Kota Tangerang. Dan nantinya akan dilaksanakan secara bergantian di seluruh kecamatan yang ada di daerah ini,”‘ kata Kapolres Metro Tangerang, Komisaris Besar Harry Kurniawan.

Kegiatan tersebut digelar, kata Kapolres dengan harapan supaya situansi dan kondisi kota Tangerang dalam menyambut dan melaksanakan Pileg serta Pilpres berjalan aman dan damai.
“”Kami harap pelaksanaan Pileg dan Pilpres nanti berjalan aman dan damai,”‘ kata Kapolres.

Jangan sampai, kata Kapolres masyarakat Kota Tangerang mudah mempercayai berita- berita yang tidak akurat dan sulit dipertanggung jawabkan. Mengingat belakangan berita-berita seperti itu seringkali di hembuskan kepada masyarakat.

” Ya kalau memang ada berita-berita yang tidak sesuai dan mengarah ke pertentangan, silahkan jelaskan kepada mereka, agar mereka atau masyarakat dapat memahami apa yang sesungguhnya,” kata Kapolres.

Karena, kata Kapolres, tokoh ulama, masyarakat dan pemuda di Kecamatan Batu ceper yang merupakan pintu Gerbang Kota Tangerang, atau perbatasan dengan DKI Jakarta ini merupakan garda terdepan untuk terciptanya Kamtibmas yang aman dan damai.

“Disini yang bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah bapak-bapak. Sehingga apapun yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, bapak-bapak lah yang lebih dulu mengetahui,” kata Kapolres.

Sementara itu, Holil, tokoh masyarakat Kecamatan Batu ceper mengatakan, pihaknya yakin masyarakat kota Tangerang, khususnya kecamatan Batu Ceper tidak akan mudah dengan adanya berita-berita Hoax. Mengingat keberadaan masyarakat di wilayah tersebut sumber daya masyarakatnya (SDN) sudah mumenuhi. ” Masyarakat di sini sudah cerdas-cerdas. Tentunya mereka tidak akan mudah dengan berita-berita Hoax yang sulit dipertanggung jawabkan.

Adapun Kata-kata sambutan lainnya Kapolres metro Tangerang bapak Kombes Pol Harry Kurniawan, S. IK, MH menuturkan bahwa ” Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada yang hadir di dalam acara deklarasi Dai Kamtibmas ini, saya di undang oleh bapak kapolsek batu ceper Kompol Hidayat iwan irawan,SH,MA untuk turut hadir di dalam acara ini dan ikut turut duduk bersama dalam agenda kegiatan deklarasi dai kamtibmas yang dimana telah hadir para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di wilayah batu ceper.

Selanjutnya ‘’ Dengan doa para kyai dan para tokoh yang hadir disini yang membimbing kami agar doa para ulama dan warga masyarakat dapat di jabah dan di kabulkan itu memberikkan rasa hormat terhadap para jasa-jasa para ulama-ulama yang dulu berjuang dan menjadi pahlawan negara, Di negara ini memang ada berbagai agama mayoritas itu semua terbaut dalam bingkai NKRI dalam waktu dekat kita berada di dalam tahapan pilpres 2019 yang akan jatuh pada tanggal 17 April 2019, akan tetapi apabila tidak di fasilitasi, tidak di mediasi, kalau tidak di sampaikan kepada warga mayarakat kita akan mudah terpecah belah, yang bisa merekatkan dan menyatukan adalah bapak-bapak dan ibu-ibu lah yang bisa merekatkan persatuan di lini tingkat terbawah karena berada di garis terdepan.

‘’Siapapun yang terpilih nanti pada tanggal 17 April 2019 di harapkan situasi kondisi kamtibmas dapat aman dan NKRI dapat kondusif aman terkendali di wilayah kota Tangerang, Bantu kami di dalam mensosialisasikan pemilu 2019 yang aman damai dan nyaman, marilah kita jaga kamtibmas di dalam menjaga situasi pilpres yang sedang memanas, marilah kita menjadi cooling system di dalam melaksanakan pemilu pilpres dan pemilihan calon anggota legislatif yang akan jatuh pada tanggal 17 April 2019’’ pungkas Harry kurniawan di tengah-tengah hadirin yang hadir.

Lalu kemudian kapolres mengatakan bahwa ‘’ Kegiatan ini bisa di jadikan cooling system yaitu sebagai pendingin suhu politik yang sekarang menghangat, saya sampaikan bantulah kami pihak TNI/POLRI dan pihak pemerintah untuk mendinginkan suasana masyarakat di garis terdepan, saya sepakat saya bersama instansi terkait akan berlaku netralitas dan akan berdiri di tengah-tengah bersama warga masyarakat di Kota Tangerang ini.

‘’ Adapun terkait berita HOAX terkiat berita yang benar atau tidak benar sulit untuk di klarifikasi kebenarannya, maka bapak-bapak dan ibu-ibu segeralah sampaikan kepada kami agar tidak menjadi fitnah di kemudian hari, sampaikanlah pesan-pesan yang baik, sejuk dan dingin kepada masyarakat. Saya menilai untuk masyarakat kota Tangerang sudah kondusif, saya yakin tidak akan terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan di wilayah Kota Tangerang ini. Ini merupakan inspirator sebagai pemacu adanya agenda kegiatan yang baik dan menjadikan contoh untuk polsek-polsek lain seperti acara deklarasi dai kamtibmas yang di pelopori oleh Polsek batu ceper ini, jadikan ini sebagai pioner dan bisa menularkan ke tingkat kecamatan-kecamatan lainnya di kota Tangerang, saya akan merangkul masyarakat dan saya akan usulkan kepada dandim dan danramil di setiap kecamatan akan di bentuk kegiatan ini sebagai Cooling System agar semakin adem dan semakin sejuk terkait suhu politik di tahun 2019’’.(Ujar Harry Kurniawan)

Sambutan yang terakhir adalah ‘’ Siapapun yang akan mengganggu dan siapapun yang akan menghambat pilpres agar terpecah belah maka TNI/POLRI akan hadir untuk mengamankan keamanan jalannya pesta demokrasi rakyat tersebut oleh sebab itu maka jangan sampai terjadi di wilayah Kota Tangerang ini, yuk mari kita mendoakan agar Pemilu tahun 2019 ini berjalan dengan sukses dan aman kondusif’’.(tutur Harry Kurniawan).

Untuk kegiatan deklarasi Dai Kamtibmas telah di nilai oleh para tokoh yang hadir dan mendapat apresiasi yang cukup tinggi terlihat dari animo jumlah tokoh yang hadir sebanyak kurang lebih35 orang, tepukkan tangan pun terlontar di dalam acara ini dan berikut doa yang di pimpin oleh seorang ustadz kondang di batu ceper yaitu Ustadz Abuya AL Farizi dan ustadz Kholil sebutan di wilayah batu ceper, maksud dan tujuan alunan doa terpancar di malam ini untuk mendoakan agar ajang pesta demokrasi pemilu pilpres maupun pemilihan calon anggota dewan legislatif di pemilu tahun 2019 dapat berjalan aman , nyaman dan kondusif. Untuk pengamanan acara di lakukkan oleh apara anggota personil dari polsek batu ceper yang di pimpin oleh kapolsek batu ceper bapak Kompol Hidayat Iwan Irawan,SH,MH dan di bantu oleh para Babinsa koramil 02 batu ceper yang di pimpin oleh Danramil batu ceper bapak Mayor ARM Bambang Heryanto. Untuk situasi kegiatan terpantau oleh awak media di laporkarkan aman dan kondusif, hadir pula undangan dari beberapa perwakilan insan pers (Wartawan) yang telah ikut mengabadikan dan meliput terselenggarannya kegiatan Dai kamtibmas ini agar tercipta pemberitaan yang objektif dan bisa di terima oleh warga masyarakat yang ingin tau isi tema kegiatan tersebut. Untuk tema kegiatan adalah ‘’ Merajut kebangsaan dalam bingkai NKRI’’, dan judul kegiatan tersebut adalah Silahturahmi tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dalam rangka deklarasi Dai Kamtibmas’’, kegiatan di hadiri pula oleh para Ibu-ibu Bhayangkari Polsek Batu ceper untuk ikut memeriahkan acara tersebut dan sebelum pencanangan dan peresmian Dai Kamtibmas Polsek Batu Ceper yang di sahkan oleh bapak Kapolres Metro Tangerang kota acara sebelumnya di selingi oleh pembacaan ayat suci AL Quran dan tahlil , tahmid dan doa secara bersama -sama.

Demikian laporan yang penulis berikan semoga bermanfaat.(terima kasih)

(eko/mus/cha)